top of page

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia : Komitmen untuk Membangun Masa Depan yang Lebih Hijau

sampah plastik

Tanggal 3 juli adalah Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia. Tujuan dari hari ini adalah untuk menyorotkan permasalahan kantong plastik yang telah menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesehatan manusia. Hari ini juga diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Kantong plastik adalah salah satu jenis limbah yang paling populer dan paling sulit untuk diurai. Setiap tahun, lebih dari 8 juta ton kantong plastik dihasilkan dan hanya sekitar 15% di antaranya dikelola dengan benar. Sisanya, sebagian besar kantong plastik tersebut dibuang atau dibuang ke laut, menyebabkan kerusakan pada ekosistem laut dan kematian binatang laut.


Sampah Organik

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia ini diharapkan dapat menjadi kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya perubahan perilaku dan kebiasaan dalam penggunaan kantong plastik. Berikut beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membantu mengurangi penggunaan kantong plastik:

  • Menggunakan kantong daur ulang: Pilihlah kantong daur ulang yang dapat digunakan berulang kali, seperti kantong cotton atau jute.

  • Menggunakan botol dan wadah yang terbuat dari bahan alami: Pilihlah botol dan wadah yang terbuat dari bahan alami seperti glass, wood atau bamboo.

Sampah Anorganik

  • Mengurangi penggunaan kantong plastik: Coba untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari, seperti dengan membawa sendok atau tas daftar belanja yang terbuat dari bahan alami.

  • Partisipasi dalam program daur ulang: Partisipasi dalam program daur ulang dan recycling program lainnya untuk membantu mengelola limbah plastik.

Citra Alam

  • Mendorong perusahaan untuk mengubah perilaku: Dukung perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan tidak menggunakan kantong plastik secara ekslusif.

Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia ini bukan hanya sebuah acara, tapi juga sebuah komitmen untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan lebih baik. Mari kita bersama-sama melakukan perubahan dan membuat perbedaan bagi lingkungan kita.


Citra Alam Riverside

Untuk menandai Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia, Anda dapat melakukan beberapa tindakan berikut:

  • Berbagi postingan ini dengan teman-teman Anda untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengurangi penggunaan kantong plastik.

  • Gunakan hashtag #HariBebasKantongPlastik untuk menunjukkan dukungan Anda terhadap gerakan ini.

  • Coba untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari dan partisipasi dalam program daur ulang.


ekowisata

Mari kita membuat perbedaan! Buat kalian yang mau mempelajari bagaimana cara mengolah sampah organik dan anorganik, bisa mengikuti kegiatan yang telah kami sediakan. ( Klik disini ) Atau menghubungi kami di Whatsapp ini !

16 tampilan0 komentar

Commenti

Valutazione 0 stelle su 5.
Non ci sono ancora valutazioni

Aggiungi una valutazione
bottom of page