top of page

Field Trip Untuk Belajar Lebih Efektif


Berbagai potensi alam yang menyuguhkan banyak keindahan membuat ribuan orang berbondong-bondong ke tempat wisata untuk menikmati kesejukan serta keindahan alam. Lokasi wisata dengan nuansa alam terbuka yang lebih menekankan edukasi  sebagai salah satu sistem untuk pembelajaran yang lebih efektif dan tidak membosankan dibandingkan dengan sistem belajar yang selalu berada dalam ruangan. Kegiatan field trip menjadi salah satu pilihan bagi sekolah untuk meningkatkan pola pembelajaran yang efektif.


Pergi berwisata bukan suatu acara dimana para siswa dan guru-guru hanya bertamasya atau bermain-main saja. Dengan kegiatan wisata tersebut ada banyak hal yang mereka dapat sebagai bahan pembelajaran sekaligus dalam kegiatan field trip.


Biasanya siswa mendapat tugas dari guru yang berkaitan dengan semua kegiatan, sehingga harus menyertakan laporan ketika selesai berkegiatan. Guru akan menyerahkan selembar kertas untuk memperoleh informasi dari siswa mengenai apa saja pelajaran yang didapatkan saat  mengikuti kegiatan field trip.

Banyaknya pengetahuan yang akan didapat oleh siswa di kegiatan feild trip ini, anda dapat mengajak siswa untuk belajar bercocok tanam dan mengenalkan pada siswa jenis-jenis tanaman hidup baik sayuran, buah-buahan, apotek hidup, beternak atau belajar membajak sampai menanam padi. Kegiatan ini biasa disebut dengan kegiatan Agro Wisata dan pastinya kegiatan ini dibimbing langsung oleh Instruktur kami yang berpengalaman.


Suasana sejuk dan segar seperti daerah pegunungan, pantai atau hutan kota menambah kegiatan field trip semakin bertambah seru dan menyenangkan ketika siswa juga mengikuti berbagai games menarik seperti, tarik tambang di atas lumpur dimana lahan yang digunakan merupakan sawah yang sengaja dibuat berlumpur. Ekspresi keceriaan mereka terlihat dari wajah dan tingkah laku siswa yang riang dan gembira. Bersama instruktur yang berpengalaman dan acara yang terkonsep dengan baik maka acara bisa berjalan dengan lancar.


Setelah selesai bermain tarik tambang di area yang berlumpur semua siswa segera membersihkan badan. Di lanjutkan dengan games tangkap ikan, di games ini anak akan turun ke kolam yang sudah di isi ikan. Siswa akan merasakan air kolam yang dingin dan wajah keceriaan akan tampak ketika siswa dapat menangkap ikan. Kegiatan field trip ini menyenangkan bukan? siswa bukan hanya berekreasi atau bersenang-senang saja tapi juga mendapat banyak pengalaman yang didapat selama berkegiatan.

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários

Avaliado com 0 de 5 estrelas.
Ainda sem avaliações

Adicione uma avaliação
bottom of page