top of page

Ciptakan Momen Berkesan Dengan Anak

Diperbarui: 28 Jan 2021

Bermain ternyata sangat baik bagi anak namun kita sebagai orang tua jarang sekali mengetahui hal tersebut. Meskipun dengan permainan sederhana namun ternyata hal-hal seperti itu cukup membuat anak-anak tertawa lepas, bahagia, dan tentunya tidak menjenuhkan. Mungkin karena sibuknya aktivitas yang harus dikerjakan sehari-hari sehingga kita kurang memperhatikan momen-momen berkesan yang dilewati oleh anak.

Menjelang libur akhir tahun ini cobalah untuk menyisihkan waktu dan ciptakan momen berkesan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak untuk membuat masa kecilnya bahagia dan berkesan:

1. Liburan keluarga

Sebagai pekerja yang aktif pastinya kita kesulitan untuk mencari waktu luang meskipun hanya sekedar berkumpul dengan keluarga. Namun, saat libur akhir tahun buatlah hari-hari anda lebih berharga dari hari biasanya. Liburan keluarga adalah waktu untuk istirahat sejenak tanpa memikirkan pekerjaan yang tiada habisnya. Cobalah mencari suasana baru, ciptakan kehangatan bersama keluarga sehingga dapat menambah keharmonisan keluarga.


liburan keluarga di citra alam seaside

Meskipun melewati liburan yang sederhana namun berbagi cerita dan berkumpul bersama keluarga rasanya cukup untuk membayar waktu yang hilang untuk berkumpul bersama keluarga. Khususnya si kecil pasti merasa sangat bahagia, liburan tidak melulu dengan mengeluarkan budget yang besar namun kita sebagai orang tua harus bisa mengkreasikan liburan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat misal dengan berkuda, berkebun, dan kegiatan yang menarik lainnya. Sehingga liburan dapat terlewatkan dengan kegiatan yang bermanfaat.

2. Bermain bersama anak

Kita yang selalu sibuk dengan pekerjaan sering tak ada waktu meskipun hanya menemani anak bermain. Padahal kebahagiaan anak justru pada saat orang tua mampu melengkapi harinya dengan bermain bersama. Untuk itu, saat libur akhir tahun tiba, ajak anak bermain meski hanya permainan sederhana. Misalnya congkak, bakiak race dan permainan menarik lainnya.


citra alam seaside

Percayalah saat kita meluangkan waktu bermain bersama anak akan memberikan pengalaman baru meskipun dengan permainan sederhana. Anak akan merasa sangat bahagia dan lebih mencintai sosok ayah dan ibu yang mau bermain dengannya di tengah-tengah kesibukan kita.

3. Manfaatkan lingkungan rumah

Manfaatkan lingkungan sekitar rumah untuk menciptakan momen berkesan dengan anak. Misalnya hiking atau trekking ke gunung atau perbukitan yang tidak jauh dari rumah, petualangan yang dilakukan bersama keluarga akan menjadi petualangan yang seru meskipun jalan yang akan ditempuh cukup sulit. Namun, dengan petualangan ini anak akan mendapatkan hal baru terutama pemandangan yang indah dari lembah dan perbukitan.


citra alam riverside

Meskipun akses jalan yang dilalui tidak mudah, kita sebagai orang tua harus mampu memberi semangat anak sehingga anak berhasil mencapai puncak. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi anak, walaupun akhirnya badan terasa capek dan lelah setidaknya sudah melukis kenangan yang akan tetap diingat sepanjang masa.

144 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page