top of page

Cerdas Berbudaya Lewat Pelatihan Seni Budaya

Diperbarui: 28 Jan 2021

Pemerintah menetapkan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya”, dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019. Dengan ditetapkannya tema tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan untuk terus memperkuat pendidikan dan mendorong kemajuan kebudayaan. Dalam rangka memperingati Hardiknas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan di sejumlah daerah di Indonesia. Sementara puncak perayaan Hardiknas akan berlangsung di halaman kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta diawali dengan parade peserta upacara berpakaian daerah nusantara serta upacara Bendera.

“Kami senang sekali perayaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini berjalan dengan sangat meriah dan semarak di semua daerah,” ucap Mendikbud saat membuka Pekan Pendidikan dan Kebudayaan tersebut (26/04/2019). Dalam membuat proyeksi ke depan, Mendikbud mengingatkan kembali pesan Presiden RI, Joko Widodo untuk mengedepankan Revolusi Mental. “Dibawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo, setelah pembangunan infrastruktur, mulai masuk pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM),” terang Mendikbud.


hasil karya pelatihan tanah liat

Dipilihnya tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya” pada peringatan Hardiknas tahun ini merupakan gambaran tantangan yang sedang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Di tengah semakin derasnya arus informasi dari berbagai penjuru dunia yang masuk ke Indonesia melalui kemajuan teknologi, masih menyisakan kekhawatiran akan semakin lunturnya pemahaman seni dan budaya tradisional khususnya di kalangan generasi muda. Untuk itu penting untuk mewariskan Cinta Seni Budaya kepada anak-anak dan remaja.

Dalam pelatihan seni budaya, tak hanya anak-anak saja yang dapat ikut serta, orang-orang dewasa bahkan lanjut usia pun dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai sarana untuk penyegaran Dengan melestarikan seni budaya bangsa, maka

Lalu bagaimana cara mewariskan kepada anak-anak untuk mencintai seni dan budaya negeri sendiri? Dengan mengajarkan berbagai kegiatan edukatif yang memiliki nilai seni dan budaya, anak-anak akan mudah untuk memahami sekaligus mempraktekannya. Kegiatan edukatif tersebut dapat menjadi sarana membantu melestarikan seni budaya Indonesia

Tak hanya anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan kesempatan lebih banyak untuk memperoleh pengetahuan baru dari kegiatan edukatif pelatihan seni dan budaya, orang dewasa pun juga akan mendapatkannya. Dengan menggelar pelatihan seni budaya, dapat ikut memajukan budaya sekaligus memperkuat pendidikan di Indonesia.

Sumber :

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page