• Diniarini Citraalam

Cara Mudah Ajarkan Kepemimpinan Siswa

Semenjak pandemi, kita sudah semakin akrab dengan pertemuan secara virtual. Nah menggelar program sekolah juga bisa dilakukan secara virtual, termasuk menggelar event Latihan Dasar Kepemimpinan yang sudah menjadi program rutin tahunan di setiap sekolah menengah. Bahkan ada juga sekolah dasar yang menggelar event serupa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. LDKS Virtual ternyata tetap bisa menjadi solusi mengajarkan kepempimpinan siswa. Terutama bagi setiap sekolah untuk tetap bisa menggelar program tersebut tanpa harus membuat seluruh pesertanya keluar rumah dan mengikuti camping.

Seperti sebuah ungkapan, Mulai lah Sesuatu Dari Hal yang Mustahil, maka tak ada hal yang tidak mungkin dilakukan apabila sebuah kondisi yang memaksa. Seperti situasi pandemi yang bisa memberikan banyak sekali hikmah bagi kehidupan manusia termasuk bagaimana cara memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. Seiring berkembangnya teknologi yang sejalan dengan kebutuhan mendesak manusia, aplikasi virtual kini banyak memberikan kemudahan. Kita tidak perlu khawatir menggelar pertemuan bentuk apapun dengan jumlah peserta banyak. Dengan menggunakan aplikasi virtual inilah, masyarakat tetap bisa menjalani rutinitas dan kebutuhannya untuk berkumpul, bertemu hingga menggelar event penting.

Di era serba virtual inilah Citra Alam mengambil kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan sekolah untuk memfasilitasi tetap terselenggaranya setiap program sekolah, termasuk program untuk melatih kepemimpinan siswa seperti LDKS. Melalui kegiatan LDKS Virtual yang sudah diselenggarakan oleh SMP Regina Caeli, Dr. Agustinus Priyowidodo selaku Kepala Sekolah, bahkan mengakui kalau lebih sulit mengatur siswa dalam kegiatan sekolah secara tatap muka. “Tapi melalui virtual padahal ada jarak karena semua berada di rumah masing-masing ya, anak-anak justru lebih mudah dikendalikan,” katanya di akhir acara LDKS Virtual.

Jadi terbukti, jika kegiatan sekolah digelar secara virtual, akan lebih memudahkan guru untuk mengatur para siswa, sesuai misinya mengajarkan kepemimpinan pada siswa. Sebagai lokasi wisata yang sudah berlangganan memfasilitasi kegiatan camping LDKS, Citra Alam juga memfasilitasi kegiatan LDKS virtual selama masih pandemi. Bagaimana tahapan persiapan pelaksanaan kegiatan LDKS virtual?

  1. Pihak sekolah mengontak Citra Alam. Biasanya mereka memperoleh informasi dari internet atau berdasarkan info dari sekolah lain yang sudah menggelar kegiatan itu. Hal yang ditanyakan berkaitan dengan teknis pelaksanaan seperti aplikasi virtual yang digunakan, durasi dan susunan acara, materi LDKS yang akan disampaikan beserta narasumbernya.

  2. Pembicaraan lanjutan mengenai jalannya acara serta harga paket kegiatannya

  3. Internal meeting antara sekolah, citra alam dan pemateri, yang biasanya diselenggarakan pada 3 atau 2 hari sebelum hari H.

  4. Pihak sekolah deal memilih Citra Alam untuk memfasilitasi penyelenggaraan LDKS, setelah menyetujui harga dan fasilitas yang akan diperoleh.

  5. Memastikan kembali persiapan akhir pelaksanaan kegiatan, yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Citra Alam.

Seperti pesan bapak Agustinus kepada para siswanya, “apa yang didapat tidak akan menjadi apa-apa, kalau tidak diapa-apakan.” Begitulah seyogyanya ilmu yang bermanfaat seperti ilmu kepemimpinan siswa, harus direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kelak kita bisa memberikan manfaat baik kepada manusia lain.


Postingan Terakhir

Lihat Semua