• Diniarini Citraalam

Berkarya Bersama Lewat Kelas Prakarya Virtual

Diperbarui: Mar 12

Pagi itu siswa Unity School terlihat ceria mengikuti jalannya kelas prakarya virtual tanah liat. Kak Papat sebagai host membuka acara dengan menyapa peserta dan guru-guru yang sudah terhubung dengan aplikasi virtual. Selanjutnya host juga memperkenalkan Citra Alam sebagai lokasi wisata edukasi yang memiliki lokasi di Bogor dan Ciputat “Jadi teman-teman bisa berkunjung nanti ya kalau sudah boleh rekreasi lagi,” ajak kak Papat yang disambut antusias oleh para siswa. Begitulah suasana di dimulainya Virtual Mini Trip Unity School dalam Program Kelas Prakarya Keramik Online yang berlangsung pada akhir Januari lalu.

Host dan Instruktur Kelas Prakarya Virtual

Diikuti oleh beberapa kelas TK, Kelas Prakarya Online Unity School terbagi dalam 3 sesi di hari yang berbeda. Tema yang diambil dalam kelas virtual tersebut adalah membuat bentuk binatang dari tanah liat. “Hari ini kita akan membuat bentuk binatang, ini dia bentuknya,” kata instruktur, kak Susi sambil menunjukkan sebuah gajah kecil berwarna abu-abu dengan telinga berwarna pink. “Binatang apakah ini?,” tanya kak Susi yang dijawab serentak oleh anak-anak. Ada yang menyebutkan gajah, ada juga yang menjawab elephant (gajah-dalam bahasa inggris).

Banner Virtual Mini Trip

Lalu seorang guru bertanya, “apakah tanah liat membuat tangan kotor kak?”’

Host kak Papat berkata, “Oh jangan takut kotor ya teman-teman. Tanah liat ini juga aman bagi kulit, karena bahan tanah liat dari Rumah Tanah Liat Citra sudah lulus uji laboratorium Sucofindo dan dinyatakan aman bagi kesehatan,” jelas kak Papat.


Selanjutnya host dan instruktur menyampaikan setiap tahapan membuat prakarya bentuk gajah dengan bahan dan alat yang sudah disiapkan. Bahan utama membuat prakarya tanah liat tentu saja adalah tanah liat yang didukung dengan paralatan lain seperti air secukupnya untuk memudahkan membentuk tanah liat. Penyampaian setiap tahapan kelas prakarya dilakukan secara interaktif antara host, instruktur, guru dan siswa yang menjadi peserta.

Peserta kelas prakarya virtual

Dibutuhkan persiapan matang untuk menggelar sebuah Kelas Prakarya Virtual meski berlangsung secara online. Citra Alam dan Rumah Tanah Liat Citra sebagai pihak yang memfasilitasi melakukan setting studio terlebih dahulu berupa ruangan untuk live streaming, penataan meja peraga, kursi utk host dan instruktur, monitor besar untuk layar tampilan peserta, tripod untuk standing camera. Penting juga untuk mendekorasi agar dapat menghidupkan suasana berlangsungnya kelas. Dekorasi yang ditempatkan yaitu poster/banner penyelenggara, kain batik untuk menutup tembok yang akan digunakan sebagai background peragaan, hiasan lain-lain seperti guci hasil karya tanah liat, serta karya-karya tanah liat lain yang dipajang di rak sebagai tampilan dalam kamera.

apa saja yang didapat dalam Kelas Prakarya Virtual?

Selain untuk memenuhi kebutuhan sekolah dalam menjalankan program-programnya selama masih pandemi, banyak sekali manfaat yang bisa didapat para siswa saat mengikuti Kelas Prakarya Online. Siswa pasti akan merasa senang dapat membuat karya sendiri bersama teman-temanya meski tetap berada di rumah masing-masing. Sebagai program yang mengedukasi, para siswa tentunya akan terlatih keterampilannya, kesabaran, kemandirian, serta konsentrasi selama proses membuat karya. Setiap anak juga akan merasa senang dan bangga jika karyanya mendapat apresiasi yang baik dari guru dan orangtuanya, sehingga mereka pun akan lebih percaya diri.