• Diniarini Citraalam

Berkarya Sambil Bermain Seru Siswa Paud Al Mutazam

Kegembiraan terpancar di wajah siswa yang dengan semangat memasukkan air kedalam pipa besar berlubang yang sedang ditutup oleh teman-temannya. Siswa tersebut berlari kembali untuk mengambil air yang akan dituangkan lagi kedalam pipa. Jika air dalam pipa bisa tetap penuh, maka kelompoknya lah yang akan memenangkan permainan.

Keseruan bermain bersama teman

Permainan bola pipa atau bernama Dragon Ball ini merupakan salah satu dari 3 games yang dimainkan 16 siswa dalam kegiatan yang berlangsung di lokasi sekolah. Di hari itu, seluruh siswa sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari melukis kaos, membuat keramik, dan games beregu.


Dalam kegiatan melukis kaos, siswa diajarkan terlebih dahulu oleh instruktur tentang tahapan kegiatannya. Mulai dari menggambarkan pola diatas kaos dengan menggunakan pensil, menuangkan warna-warna di atas palet, sampai tahap pemberian warna. Siswa terlihat menyimak arahan yang disampaikan kakak instruktur.

Kakak instruktur memberikan arahan pada siswa

Para siswa mulai menggambar diatas kaos dengan menggunakan pensil, sesuai dengan bentuk yang sudah dicontohkan oleh kakak instruktur. Siswa putra menggambar bentuk mobil, sedangkan siswa putri membuat gambar buah-buahan. Kaos yang digambar diberikan alas dan seluruh peralatan mewarnai diletakkan di depan masing-masing siswa.


Setelah gambar selesai dibuat, selanjutnya dilukiskan warna sesuai dengan imajinasi setiap siswa. Selama berlangsungnya kegiatan melukis kaos, siswa menggunakan celemek, agar pewarna tidak mengotori baju seragam olahraga yang saat itu sedang mereka kenakan. Selanjutnya, agar warna pada gambar cepat kering, kaos dijemur dibawah sinar matahari.

Belajar dan bermain dalam melukis kaos

Kegiatan PAUD Al Multazam yang sekolahnya berlokasi di kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang ini memilih mendatangkan instruktur untuk mengarahkan kegiatan siswa di sekolah, karena situasi pandemi yang masih merebak. Demi menjaga kesehatan dan keamanan siswa, guru dan orang tua, maka kegiatan dilakukan di dalam sekolah.


Kegiatan kedua, yaitu siswa membuat kreasi dari tanah liat. Seperti kegiatan pertama, kakak instruktur memberikan arahan dan demo membuat keramik terlebih dahulu. Selanjutnya para siswa melakukan setiap tahapan membuat keramik seperti yang sudah dicontohkan. Sambil menunggu hasil karya kering setelah dijemur, siswa mengikuti rangkaian games seru yaitu games transfer air, memilih bola warna dan games dragon ball.

Games berkelompok yang memberikan pembelajaran tentang kerjasama pada anak

Ada banyak sekali manfaat dari kegiatan siswa PAUD Al Multazam. Dengan kegiatan kreativitas melukis diatas kaos dan membuat keramik, siswa belajar untuk membuat karya sendiri. Games yang diikuti secara berkelompok juga sarat nilai edukasi yaitu mengajarkan siswa untuk bekerja-sama dan bergotong-royong dalam mencapai tujuan, yaitu meraih kemenangan dalam timnya.


Postingan Terakhir

Lihat Semua