Bangun Karakter Anak Dengan Kegiatan Pramuka

Diperbarui: Jan 28

Salam pramuka !!

Ketika seorang kakak pembina atau kakak bantara mengucap “Salam Pramuka” maka semua peserta membalas dengan kalimat “Salam”

Secara umum pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana,  kalimat tersebut memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. “Pramuka” pertama kali dikenalkan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1923.

Saat ini satuan pendidikan yang dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas ekstrakurikuler wajib diikuti oleh peserta didik berdasarkan hari yang sudah ditentukan. Lalu, pada hari yang sudah ditentukan tersebut peserta didik wajib memakai seragam pramuka lengkap.

Ekstrakurikuler dengan kegiatan pramuka merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah atau berada di alam. Dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, dan terarah yang dilakukan di alam terbuka. Ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler bukan hanya untuk mendapatkan kesenangan saja akan tetapi juga mendapat banyak manfaat bagi kehidupan di masa depan.

Melatih kepemimpinan

Salah satu manfaat yang didapat saat anak mengikuti pramuka adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan karena pada kegiatan pramuka setiap anak akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin regu. Kesempatan itu membuat anak belajar mengenai kepemimpinan dan bagaimana caranya memecahkan masalah yang terbaik untuk semua anggota regu. Secara tidak sadar, sebagai pemimpin regu juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan tugas.


kegiatan pramuka di citra alam

Penanaman karakter mandiri

Penanaman karakter pada anak memang harus sejak dini, melalui berbagai kegiatan pramuka yang mengharuskan anak jauh dari rumah dan orangtua dengan camping. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendidik anak tumbuh secara mandiri. Saat camping anak-anak dituntut tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri. Mulai dari memasak, mencuci baju atau alat makan, membersihkan tempat lokasi yang digunakan untuk camping, dan lainnya. Secara langsung anak-anak dilatih  menjadi pribadi yang lebih mandiri.