top of page

Bangun Karakter Anak Dengan Kegiatan Pramuka

Diperbarui: 28 Jan 2021

Salam pramuka !!

Ketika seorang kakak pembina atau kakak bantara mengucap “Salam Pramuka” maka semua peserta membalas dengan kalimat “Salam”

Secara umum pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana,  kalimat tersebut memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. “Pramuka” pertama kali dikenalkan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1923.

Saat ini satuan pendidikan yang dimulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas ekstrakurikuler wajib diikuti oleh peserta didik berdasarkan hari yang sudah ditentukan. Lalu, pada hari yang sudah ditentukan tersebut peserta didik wajib memakai seragam pramuka lengkap.

Ekstrakurikuler dengan kegiatan pramuka merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah atau berada di alam. Dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, dan terarah yang dilakukan di alam terbuka. Ikut dalam kegiatan ekstrakurikuler bukan hanya untuk mendapatkan kesenangan saja akan tetapi juga mendapat banyak manfaat bagi kehidupan di masa depan.

Melatih kepemimpinan

Salah satu manfaat yang didapat saat anak mengikuti pramuka adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan karena pada kegiatan pramuka setiap anak akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin regu. Kesempatan itu membuat anak belajar mengenai kepemimpinan dan bagaimana caranya memecahkan masalah yang terbaik untuk semua anggota regu. Secara tidak sadar, sebagai pemimpin regu juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan tugas.


kegiatan pramuka di citra alam

Penanaman karakter mandiri

Penanaman karakter pada anak memang harus sejak dini, melalui berbagai kegiatan pramuka yang mengharuskan anak jauh dari rumah dan orangtua dengan camping. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendidik anak tumbuh secara mandiri. Saat camping anak-anak dituntut tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri. Mulai dari memasak, mencuci baju atau alat makan, membersihkan tempat lokasi yang digunakan untuk camping, dan lainnya. Secara langsung anak-anak dilatih  menjadi pribadi yang lebih mandiri.


citra alam riverside

Melatih karakter disiplin

Memiliki anak yang mempunyai karakter disiplin merupakan harapan bagi setiap orangtua, untuk mendidik anak supaya memiliki karakter disiplin biasanya orangtua mengikutsertakan anak mengikuti camping pramuka. Saat mengikuti camping pramuka banyak tata tertib yang ketat dan harus dipatuhi seluruh peserta dari awal hingga akhir kegiatan. Semua peserta harus disiplin waktu, mulai datang upacara apel tepat waktu, mengumpulkan tugas, istirahat pada waktu yang ditentukan, hingga mengenakan atribut lengkap, seperti sepatu hitam, kaos kaki hitam, topi, dasi, tongkat, dan lainnya. Tuntutan yang diberikan pada semua peserta akan membuat anak terbiasa disiplin.


citra alam riverside

Melatih karakter gotong royong

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dengan kegiatan pramuka anak bisa melatih karakter gotong royong. Seperti saat camping biasanya, satu tenda diisi oleh beberapa orang dari 5-8 peserta. Hal itu mengharuskan semua penghuni tenda saling bantu membantu, misalnya saat mendirikan tenda, memasak, dan membersihkan lokasi bersama-sama. Sehingga seberat apapun pekerjaan yang harus dikerjakan jika dilakukan secara gotong royong terasa lebih ringan. Apalagi jika salah satu teman yang sakit, maka yang lain harus merawatnya. Hal ini akan menumbuhkan sikap solidaritas dan kebersamaan.


camping di citra alam lakeside

Meningkatkan rasa kepedulian

Rasa kepedulian anak bisa dilatih melalui berbagai kegiatan bakti sosial Pramuka melalui penggalangan bantuan. Melalui kegiatan itu peserta diajarkan untuk saling membantu teman yang sedang sakit atau kesusahan. Dengan kegiatan sosial maka anak akan mempunyai rasa empati yang lebih besar pada orang lain di sekitarnya.

Belajar mencintai alam

Kegiatan pramuka lebih cenderung dilakukan di alam. Semua peserta diajak melihat dan merasakan alam secara langsung. Kegiatan di alam terbuka ini diharapkan dapat meningkatkan rasa peduli terhadap alam untuk melestarikan lingkungan yang salah satunya adalah tidak akan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak alam.


Mari dukung anak-anak kita untuk mengikuti kegiatan pramuka sebagai bentuk mencerdaskan anak bangsa dan membentuk karakter generasi muda.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page