Bangun Fisik dan Mental Kuat Melalui Arung Jeram

Diperbarui: Apr 17

Mencoba sesuatu yang baru apalagi sebuah permainan, selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak hanya anak-anak yang selalu merasa penasaran akan hal yang baru, orang dewasa bahkan yang lebih tua sekalipun juga memiliki perasaan sama. Apalagi jika permainan tersebut mendatangkan banyak manfaat seperti membentuk karakter dan kepribadian serta membangun kerjasama atau komunikasi dengan orang lain.

Kegiatan yang biasanya dilakukan berkelompok serta mengandalkan kekompakan tim ini memiliki banyak manfaat sebagai olahraga, rekreasi, petualangan maupun edukasi. Satu hal yang penting dalam permainan ini adalah kerjasama yang baik antar peserta, maupun peserta dengan instruktur. Peserta wajib mematuhi setiap instruksi yang diberikan, demi keamanan dan keselamatan selama berlangsungnya kegiatan tersebut.

Pemanasan sebelum bermain rafting donat

Setidaknya ada 8 manfaat permainan arung jeram, sebagai berikut :

  1. Membantu pembakaran kalori tubuh. Selama permainan, setiap peserta harus mampu mempertahankan gerakan mendayung pada arus yang deras, untuk memastikan navigasi secara tepat dan mencegah perahu terbaik. Aktifitas tersebut sangat melelahkan sehingga mampu membantu pembakaran kalori pada tubuh.

  2. Melatih kekuatan otot tubuh. Kecepatan mendayung sehingga mampu melalui derasnya arus sungai bebatuan dapat mengencangkan lengan, punggung, dan bahu. Dengan demikian akan baik juga untuk kekuatan otot tubuh.

  3. Outdoord / Udara segar. Berada di luar rumah adalah salah satu cara terbaik untuk menyerap sinar matahari dan menghirup udara segar. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di luar rumah lebih bermanfaat bagi kesehatan mental daripada aktivitas di dalam ruangan.

  4. Pengalaman petualangan. Petualangan itu bagus untuk menyegarkan pikiran karena ini memberi perspektif baru tentang eksplorasi

  5. Merelaksasi pikiran. Sebuah permainan yang memicu adrenalin memungkinkan untuk setiap pesertanya menjadi fokus hanya pada kegembiraan, dibanding rasa lelah fisik dari aktivitas permainan tersebut. Terlebih lokasi arung jeram biasanya memiliki keindahan alam yang merelaksasi mata.

  6. Meningkatkan solidaritas. Oleh karena permainan arung jeram membutuhkan kerjasama yang baik antar peserta, maka otomatis solidaritas pun akan terbangun, hanya untuk satu tujuan yaitu dapat menyelesaikan tantangan permainan dengan baik.

  7. Bangun rasa percaya diri. Jika tantangan dalam permainan arung jeram mampu dihadapi dan dilalui dengan baik, pastinya akan ada kepuasan tersendiri dalam tim atau secara individu. Kepercayaan diri pun akan lebih mudah terbangun.