Bagaimana Caranya Untuk Gelar Outing Perusahaan Yang Berkualitas

Kegiatan outing untuk karyawan perusahaan tidak diragukan lagi mampu mendorong setiap personal dan tim jadi lebih baik. Keberhasilan kegiatan outing perusahaan utamanya akan ditentukan oleh seberapa baik perencanaan dari event tersebut. Apalagi jika kegiatan yang bisa berupa outbound, gathering, dan camping itu melibatkan banyak peserta baik karyawan, jajaran manajer dan direksi maupun keluarga karyawan.

Untuk menyusun acara berkualitas butuh sebuah tim  dengan jumlah anggota yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain menyusun acara, tim juga bertugas meyakinkan atasan agar menyetujui diadakannya kegiatan tersebut, membuat segala persiapannya, serta mengatur seluruh acara agar berjalan dengan baik.

Hal yang paling penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan adalah anggaran. Kegiatan dengan anggaran besar tidak selalu bisa berjalan dengan lancar dan lebih berkualitas. Sebaliknya, jumlah anggaran yang tidak terlalu besar pun apabila dikelola dengan tepat dan cermat bisa menghasilkan kegiatan berkualitas.

Jika sudah diketahui besarnya anggaran untuk kegiatan outing perusahaan, tentukanlah perkiraan waktu pelaksanaan kegiatan. Penentuan waktu ini berhubungan dengan ketersediaan tempat yang akan dituju. Pastikan anda punya waktu yang cukup (setidaknya satu bulan) untuk perencanaan dan persiapan sebelum hari H kegiatan.


Selain menentukan waktu kegiatan, menentukan lokasi berlangsungnya acara juga perlu dilakukan secepatnya, karena banyak persiapan akan bergantung dari pilihan tempat pelaksanaan kegiatan. Sekarang ini banyak tempat yang menawarkan kegiatan di alam terbuka, dengan berbagai wahana yang menyenangkan dan menantang. Tetapi biasanya harga akan lebih murah dan terjangkau jika sistem penawarannya berupa paket kegiatan yang sudah mencakup tiket masuk, biaya sewa tempat, konsumsi, serta kegiatan apa saja yang ada didalamnya. Jangan selesai pada satu tempat saja. Cari beberapa lokasi sebagai alternatif dan lakukan perbandingan.

Pendapat seluruh karyawan atau perwakilan dari setiap divisi seringkali diperlukan dalam menentukan lokasi kegiatan. Panitia dapat mengumpulkan pendapat melalui email atau mendatangi karyawan satu per satu. Suara terbanyak  akan menjadi prioritas pertimbangan.

Apabila banyak yang memilih lokasi di luar kota, sebaiknya tidak terlalu jauh agar bisa menghemat biaya. Setidaknya pilih lokasi yang memiliki jarak tempuh tidak lebih dari 3 jam perjalanan. Selain itu tentukan juga apakah kegiatannya satu hari penuh atau menginap. Lokasi dan lamanya kegiatan merupakan hal terpenting, sebab berkaitan dengan anggaran yang akan digunakan.