top of page

Asyiknya Berkreasi Seni Budaya Di Alam Terbuka

Diperbarui: 14 Jul 2021

Ketika jaman mengalami banyak perubahan, maka perilaku manusia yang mempengaruhi tiap sisi kehidupan juga mengalami perubahan. Seyogyanya tahun berganti tahun, zaman pun terus mengalami kemajuan yang memungkinkan terjadinya pergeseran pola kreativitas seseorang. Di bidang seni dan budaya, pola kreativitas dapat menentukan perkembangan suatu negara. Banyak ditemukan bahwa kreativitas dalam seni budaya sudah hampir luntur seiring dengan kemajuan teknologi. Contohnya generasi muda di Indonesia yang kini lebih tertarik dengan trend budaya barat atau negara lain di asia, ketimbang berkreasi seni budaya daerah negeri sendiri. 

Agar seni budaya bangsa dapat tetap lestari dan bisa menjadi kebanggaan di mata dunia maka penting untuk menyeimbangkan perkembangan kemajuan zaman dengan pola kreativitas. Teknologi canggih yang sudah digunakan masyarakat di hampir seluruh lapisan, harus digunakan untuk ikut memajukan kebudayaan di negeri sendiri. Misalnya mengikuti kegiatan kreasi dan kreativitas seni budaya untuk mengurangi ketergantungan dari gadget. Terlebih saat ini masalah ketergantungan gadget sudah banyak ditemukan pada anak-anak mulai usia balita. 

Menggelar berbagai kegiatan berkreasi dan kreativitas di alam terbuka dapat menjadi salah satu cara untuk memulainya. Dengan mengajak keluarga, kerabat dan teman, kegiatan akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. 

Mengikuti pelatihan seni budaya di alam terbuka lewat kegiatan berkarya, memberikan banyak manfaat antara lain lebih dekat dengan alam, mempererat kebersamaan antar peserta, serta memperkaya imajinasi dan kreativitas. Itulah mengapa aktivitas tersebut menjadi seru dan menyenangkan. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap peserta, seperti lokasi bernuansa pegunungan, hutan kota, dan pantai.

Kegiatan pelatihan berkreasi dengan tanah liat, pelatihan membatik, serta pelatihan membuat atau melukis miniatur wayang dapat membuka imajinasi dan mengembangkan kreativitas, sekaligus melestarikan seni dan budaya bangsa. Guratan gambar motif dan warna yang tertuang diatas kain atau karton serta keterampilan tangan membentuk tanah liat dengan berbagai kreasi akan menghasilkan sebuah karya yang indah.

Seiring dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi, dibutuhkan penyebar-luasan informasi mengenai hasil karya seni budaya. Disinilah peran teknologi informasi menjadi penting. Sebab dari hasil penyebar-luasan informasi tersebut tidak tertutup kemungkinan akan ikut menggugah kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya pengembangan kreativitas yang dapat memajukan seni budaya bangsa. 

Untuk memperkecil dampak kemajuan teknologi dalam perkembangan zaman dibutuhkan berbagai cara-cara kreatif di berbagai segi kehidupan, tak terkecuali bidang seni dan budaya. Tanpa mengenal batasan usia, siapapun dapat merasakan asyiknya berkreasi di alam terbuka melalui berbagai  kegiatan pelatihan seni dan budaya.  

81 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page