top of page

8 Tradisi Lebaran yang Masih dijaga Hingga Saat ini

Diperbarui: 11 Mei 2023

Lebaran adalah momen yang sangat spesial bagi umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya yang juga dikenal dengan nama Idul Fitri ini diperingati setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan. Selain menjadi momen berbahagia, lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk memperkuat silaturahmi dan mengenang kenangan indah bersama keluarga dan sahabat.

Terdapat banyak tradisi lebaran yang telah dilakukan oleh umat Muslim selama bertahun-tahun. Meskipun ada beberapa yang telah mengalami perubahan, namun banyak tradisi ini masih dijaga hingga saat ini. Berikut adalah 8 tradisi lebaran yang masih dijaga hingga saat ini.


mudik lebaran

  • Mudik

Mudik adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh Indonesia saat lebaran. Kebanyakan orang akan memanfaatkan waktu libur panjang ini untuk pulang ke kampung halaman mereka. Meskipun banyak orang yang kini lebih memilih untuk tidak mudik karena adanya pandemi, namun tradisi ini tetap menjadi ikonik dan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang.


takbiran lebaran

  • Takbiran

Tradisi takbiran adalah membaca takbir bersama dengan keluarga dan komunitas setempat saat malam takbiran menjelang hari raya. Takbiran ini biasanya dilakukan di masjid atau lapangan terbuka dengan menggunakan alat peraga suara untuk mengumandangkan suara takbir.


silaturahmi lebaran

  • Menyambut tamu

Tradisi menyambut tamu yang datang ke rumah saat lebaran juga masih dijaga hingga saat ini. Keluarga dan sahabat biasanya akan datang ke rumah pada hari raya untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.


salat ied

  • Salat Ied

Salat Ied adalah salah satu tradisi utama dalam perayaan lebaran. Salat ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka dan dihadiri oleh banyak orang.


makanan lebaran

  • Makanan lebaran

Makanan lebaran merupakan salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Makanan yang biasanya disajikan antara lain ketupat, rendang, opor ayam, dan berbagai jenis kue kering.


shopping lebaran

  • Pakaian lebaran

Membeli pakaian baru untuk dipakai saat lebaran juga menjadi tradisi yang dijaga hingga saat ini. Banyak orang akan membeli pakaian baru agar terlihat lebih bersih dan rapi saat merayakan lebaran.


silaturahmi lebaran

  • Bermaaf-maafan

Bermaaf-maafan adalah tradisi dimana orang-orang saling memaafkan kesalahan satu sama lain dan memperkuat tali silaturahmi. Tradisi ini sangat penting untuk dilakukan agar hubungan antar sesama menjadi semakin kuat dan harmonis.


THR Lebaran

  • Memberikan amplop lebaran

Tradisi memberikan amplop lebaran juga masih dijaga hingga saat ini. Orang-orang biasanya memberikan amplop dengan uang di dalamnya kepada anak-anak dan kerabat sebagai tanda kasih sayang.


Lebaran bukan hanya sekedar momen untuk merayakan kesuksesan menyelesaikan ibadah puasa, namun juga menjadi waktu yang tepat untuk memperkuat tali silaturahmi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita. Berbagai tradisi yang telah dijaga selama bertahun-tahun menjadi bagian dari kekayaan budaya dan nilai-nilai yang patut dihargai dan dipelihara. Semoga kita semua dapat terus menjaga dan melestarikan tradisi lebaran agar dapat terus dirayakan oleh generasi berikutnya.

Selamat Idul Fitri!

Taqabbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faizin.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page