• Diniarini Citraalam

7 Tips Tetap Sehat Saat Transisi Cuaca dan Melonjaknya Penularan Virus

Diperbarui: Jun 23

Bicara masalah kesehatan saat ini seperti tak ada habisnya. Ditengah program vaksinasi covid-19, jumlah kasus kembali meningkat. Hingga kini angka penambahan pasien dinilai sudah cukup mengkhawatirkan, terlebih data menyebutkan banyak anak-anak yang terinfeksi. Seiring dengan kondisi tersebut, saat ini masih terjadi masa transisi perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

Pesona Citra Alam Riverside saat turun hujan

Fenomena cuaca dibenarkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko. Menurutnya, kondisi itu terjadi karena suhu muka laut di wilayah Indonesia yang sedang hangat sehingga membuat hujan lokal sering berpotensi terjadi di sejumlah wilayah. Hujan di musim kemarau tahun ini seperti halnya hujan saat masa transisi, sehingga Iis menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap perubahan cuaca sesaat. “Khususnya masalah kesehatan, dimohon untuk selalu menjaga kesehatan dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi, katanya.


Konsumsi makanan sehat atau bergizi selalu menjadi salah satu tips dari 7 tips menjaga kesehatan, pada artikel ini. Khususnya pada saat transisi cuaca dan melonjaknya penularan virus Covid-19. Yuk simak selengkapnya….

1. Siapkan berbagai perlengkapan penting jika harus keluar rumah

Standar penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19 sudah seringkali ditampilkan atau diperdengarkan. Perlengkapan seperti masker, hand sanitizer, perlengkapan pribadi untuk makan dan menjalankan ibadah seharusnya sudah selalu ada dan tersedia di tas anda ketika akan bepergian keluar rumah. Berhubung cuaca sedang tidak bersahabat, maka perlu ditambahkan payung atau jas hujan pribadi.


2. Konsumsi makanan sehat

Sudah diketahui bersama bahwa makanan sehat adalah yang lengkap mengandung unsur gizi yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tak hanya nasi dan lauk pauk, makanan sehat harus terdapat sayur dan buah-buahan. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sayuran dan buah-buahan juga penting bagi pertumbuhan dan daya tahan tubuh anak. Dengan berbagai kreasi pengolahan yang beragam, bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi anak untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

3. Rajin berolah raga

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.


4. Jika diperlukan, konsumsi suplemen tambahan

Seringkali akibat sibuk dengan rutinitas, makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi semua unsur gizi. Suplemen tambahan bisa membantu memberikan suplai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini juga bisa diterapkan pada anak-anak dengan memberikan vitamin yang sudah teruji secara klinis dan cocok dengan selera anak.


5. Cukup istirahat berkualitas

Ada 5 cara yang bisa dilakukan agar istirahat atau tidur di malam hari berkualitas. Istirahat yang berkualitas akan mengembalikan stamina dan pastinya memberikan imunitas tersendiri bagi tubuh.

6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Untuk kebersihan diri, mandi secara teratur 2 kali sehari serta rajin menggosok gigi. Penting juga untuk segera mengganti pakaian apabila merasa banyak mengeluarkan keringat, atau sempat berada di tengah kerumunan saat beraktivitas di luar rumah. Karena kesehatan itu berawal dari kebersihan diri. Di lingkungan dari rumah atau tempat dimana pun anda sering beraktivitas, rutinkan untuk melakukan pembersihan. Anda juga bisa mengajak tetangga sekitar atau rekan kerja untuk membuat jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja.


7. Tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan keluar rumah

Tips terakhir adalah anjuran yang seringkali disampaikan oleh banyak pihak sehubungan dengan upaya pencegahan penularan virus covid-19. Keperluan keluar rumah bisa diartikan sebagai bekerja ke kantor (jika memang harus terjadwal work from office), membeli kebutuhan harian, atau keperluan mendesak lain yang tidak bisa dilakukan melalui online atau virtual. Jika merasa jenuh, bisa membuat aktivitas menarik terutama bagi anak-anak.

Jika penyakit disebabkan oleh kondisi alam atau cuaca, mungkin sulit untuk dihindari, meski tetap ada cara untuk mencegahnya. Namun apabila ketidak-patuhan akan aturan terkait pandemi atau pola hidup yang sudah terbiasa tidak sehat yang menjadi penyebab penularan penyakit, maka hanya kesadaran setiap individu masyarakat lah yang bisa menjadi solusi. Ayo bergotong royong cegah penularan virus berbahaya, agar semakin banyak manusia sehat, supaya hidup menjadi lebih produktif dan bermanfaat.


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua