7 Tahapan Untuk Sukses Gelar Kegiatan Outdoor

Merencanakan sebuah kegiatan outdoor mulai dari merancang susunan acaranya hingga mempersiapkan sampai saat pelaksanaan pastilah membutuhkan lebih banyak waktu, konsentrasi dan tenaga. Apalagi jika melibatkan peserta dalam jumlah besar, termasuk jika waktu pelaksanaan kegiatan lebih dari 1 hari. Untuk itu seringkali dibutuhkan sebuah kepanitiaan khusus dalam  melaksanakan setiap tahapan persiapan. Lembaga, instansi atau organisasi yang sudah memiliki jadwal rutin menggelar kegiatan tertentu pasti akan lebih berpengalaman. Namun hal itu pun tidak selalu menjadi tolok ukur sukses atau tidaknya kegiatan outdoor. 

Jika kegiatan yang direncanakan tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang melainkan memiliki tujuan dan manfaat tertentu yang akan dicapai maka dibutuhkan konsep perencanaan yang baik. Misalnya, bertujuan mempererat kebersamaan, membangun kerjasama tim, memupuk jiwa kepemimpinan, mengembangkan kreativitas, atau pembentukan karakter.


family gathering seru lakeside

Berikut ini beberapa tahapan agar rencana kegiatan outdoor anda beserta rombongan berjalan dengan baik :

  1. Browsing internet tempat-tempat wisata penyedia beragam kegiatan di alam terbuka sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan. Pilihlah 2 – 3 tempat sebagai alternatif, agar proses menentukan tempat kegiatan tidak memakan waktu lama. Penting untuk melihat apa saja kegiatan serta fasilitas yang dimiliki lokasi tersebut, dan sesuaikan dengan kebutuhan kegiatan.

  2. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi-lokasi yang sudah anda pilih,  dengan menelepon kontak yang tertera dalam pencarian di internet, atau gunakan fitur chat yang tersedia. Mintalah secara tertulis daftar harga dan rincian kegiatan maupun fasilitas yang didapatkan, termasuk menu makan. Tujuannya adalah agar anda bisa lebih mudah mendiskusikannya dengan atasan, rekan atau sesama panitia kegiatan.  

  3. Bicarakan seluruh informasi yang anda peroleh dengan rekan-rekan yang terlibat dalam penanganan kegiatan. Segera tentukan 1 lokasi dari beberapa pilihan yang ada. Perlu ada jarak waktu tertentu antara penetapan lokasi dan waktu kegiatan, agar tidak tergesa-gesa dalam penanganannya sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik. Terlebih apabila kegiatan yang digelar lebih dari 1 hari, pastinya akan membutuhkan waktu persiapan lebih lama. Buatlah time frame apa saja yang harus dilaksanakan untuk tahapan persiapan termasuk batas waktu pengerjaannya.

arung jeram menantang Riverside