6 Permainan Atasi Takut Pada Ketinggian

Meski lazim dialami setiap orang dari berbagai usia, namun tetap perlu untuk mengelola atau menghadapi ketakutan akan sesuatu. Dengan mengelola rasa takut akan lebih mudah memunculkan keberanian, contohnya terhadap ketinggian. Melalui beragam permainan anda akan dilatih menghadapi perasaan takut  ketinggian.  

Rasa takut adalah sifat alami yang dimiliki setiap manusia. Tanpa memandang usia, mulai dari bayi hingga orang usia lanjut pasti mengalami perasan itu. Hal yang membedakan adalah kadarnya, cara mengelola serta mengatasinya. Ketakutan anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Pada anak-anak, masih ada campur tangan orang tua dalam mengelola rasa takut dan menumbuhkan keberanian mereka. Sementara orang dewasa dituntut mampu mengatasi ketakutannya sendiri sehingga muncul keberanian. Rasa takut pun bermacam-macam, misalnya takut pada tempat gelap, takut akan ketinggian, takut berbicara di depan umum, atau takut pada jenis binatang tertentu.


flying fox citra alam riverside

Takut ketinggian termasuk masalah yang dialami banyak orang. Berdasarkan penelitian ketakutan akan tempat yang tinggi bisa bertambah buruk saat seseorang sudah semakin bertambah tua. Konsultan psikiatri di Bootham Park Hospital, New York, Paul Blenkiron seperti dilansir Dailymail mengatakan, rasa takut ketinggian tidak hanya dialami orang dewasa tetapi juga anak-anak. Tapi seiring bertambahnya usia mereka, rasa takut lama-kelamaan berkurang. “Pada tahap itu kita tidak menyebutnya sebagai fobia. Jika ketakutan berlanjut hingga dewasa, maka hal itu disebut fobia dan bisa berlanjut hingga seumur hidup,” jelas Paul.

Beberapa orang yang memiliki rasa takut terhadap ketinggian, lebih memilih menghindari situasi tersebut. Namun dengan menghindarinya, hanya akan membantu mengatasi kekhawatiran dan tidak menghilangkan rasa takut tersebut. Maka penting sebenarnya untuk mengatasi fobia, agar tidak menjadi berkepanjangan dan semakin buruk. Caranya adalah dengan melawan rasa takut itu sendiri.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut ketinggian adalah menghadapinya melalui berbagai latihan dalam sejumlah permainan. Berikut ini 6 permainan yang bisa mengatasi takut terhadap ketinggian :


spider web highropes citra alam

1. Spider web

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan ketinggian yang sudah disesuaikan. Oleh karena itu spider web tepat dimainkan sebagai langkah awal mengatasi takut akan ketinggian. Seperti namanya, bentuk Spider Web berupa jalinan tali yang menyerupai sarang laba-laba. Setiap peserta harus melewati setiap sisi jaring dengan merayap atau memanjat. Pada spider web untuk dewasa, peserta harus mampu menopang tubuh dengan kedua tangan yang berpegang erat pada tali untuk berpindah ke setiap sisi jaring. Sedangkan untuk anak-anak, spider web dimainkan dengan cara memanjat setiap sisi tali. Kedua jenis spider web tersebut memerlukan keseimbangan koordinasi antara kedua kaki dan tangan.


Elvis Walker Menyeberangi Sungai

2. Permainan Elvis

Dengan ketinggian yang tidak terlalu ekstrim, anda yang memiliki fobia akan ketinggian tidak perlu terlalu merasa khawatir. Dalam permainan elvis, peserta akan berjalan di atas tali yang terbentang di atas sungai, atau ada diantara 2 pohon yang tinggi. Saat hendak naik ke atas tali sikap harus tenang agar kaki tidak gemetaran saat melangkah. Tak perlu terburu-buru saat melangkah meski ada teman lain di belakang anda, karena jarak antara anda dan teman anda sudah diatur oleh instruktur. Dengan tetap bersikap tenang, langkah anda akan lebih ringan sehingga lebih cepat sampai ke tujuan.


flying fox anak citra alam

3. Flying Fox

Dalam permainan itu, peserta akan meluncur pada ketinggian tertentu, dengan pengamanan yang sesuai standart. Setiap peserta melakukan peluncuran dengan jarak lintasan dan ketinggian yang beragam. Dibawah perlintasan itu biasanya terdapat sungai, hutan atau bukit. Pengamanan standar atau full body harness akan membuat setiap peserta terutama pemula lebih aman dan nyaman. Flying Fox bisa dimainkan secara tandem atau seorang diri.