top of page

5 Solusi Efektif Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Diperbarui: 28 Jan 2021

Kecanggihan teknologi di era milenial seperti sekarang ini tidak bisa diragukan lagi, segala informasi dengan mudah bisa kita dapatkan. Wajar apabila semua orang mulai dari anak-anak hingga orang yang berusia lanjut pandai menggunakan gadget.  Bukan hal baru lagi jika kita melihat anak-anak yang masih duduk dibangku SMP bahkan SD sudah pandai menggunakan gadgetnya. Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan membatasi penggunaan telepon genggam selama belajar, baik di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas atau sederajat.

Sangat disayangkan jika anak yang masih usia dini sudah kecanduan gadget , hal ini  akan berdampak negatif karena dimana dan kapan pun anak tidak lepas dengan gadget. Peristiwa seperti ini bukan hanya mengganggu aktivitas lainnya tapi juga berlama-lama bermain gadget apalagi bermain games akan merusak otak. Gadget juga mampu mempengaruhi anak untuk lebih suka berada di dalam rumah dan jarang bermain di luar rumah padahal dengan bermain di luar rumah anak belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya. Bagi anda yang mungkin sedang mengalami permasalahan tentang anak yang kecanduan gadget, berikut ini 5 solusi efektif atasi kecanduan gadget pada anak.

1. Berikan batasan pemakaian gadget pada anak


2. Edukasi dan dampingi anak saat menggunakan gadget

Saat anak mulai mengaplikasikan gadget seharusnya kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan betul, dengan mendampingi anak bermain gadget. Berikan penjelasan kepada anak-anak mengenai situs-situs yang berdampak positif maupun negatif dengan begitu anak akan tahu apa yang boleh dan tidak mereka kunjungi.

3. Berikan kesibukan dengan hal-hal positif

Memberikan kesibukan pada anak juga termasuk solusi efektif dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak. Sebagai orang tua pastinya kita punya cara jitu untuk mensiasatinya dengan memberikan kesibukan seperti membawa anak mengikuti berbagai macam les nyanyi, alat musik, bahasa inggris, latihan olahraga dan kegiatan positif lainnya. Dengan begitu anak tidak memiliki banyak waktu untuk sekadar bermain gadget.

4. Berikan kebebasan bermain di luar rumah


Semakin banyak waktu yang dimiliki anak di rumah, semakin besar peluang anak merasa bosan, jenuh, dan akhirnya memilih bermain gadget. Kalau sudah seperti itu sebagai orang tua harus segera bertindak cepat dengan membiarkan anak bermain di luar ruangan. Membiarkan anak bermain di luar rumah sangat bagus untuk perkembangan anak, saat bermain di luar rumah anak-anak akan berbaur dengan teman sebaya sehingga membuat mereka belajar bersosialisasi.

5. Berikan alternatif mainan

Anak dan permainan merupakan suatu hal yang sudah melekat sebab dunia anak adalah bermain. Namun, bukan berarti gadget merupakan permainan yang tepat buat mereka, untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak berikan mainan terbaik bisa dengan mainan tradisional yang bisa memiliki unsur imajinasi, kerja sama, pertemanan, dan berpotensi membentuk kepedulian sosial serta kecerdasan bagi anak. Berikan permainan seperti congkak, bola bekel, kasti, dan permainan lainnya.


5 solusi efektif di atas bisa anda lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak sehingga anak dan orang tua bisa mengoptimalkan waktu berkualitas serta anak tidak kehilangan masa-masa berharga mereka.

297 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page