5 Permainan Edukatif Untuk Asah Kreativitas Anak

Bermain merupakan proses untuk pembelajaran dan pengembangan kreativitas anak. Dengan antusiasme yang besar dan kemampuan menyerap banyak informasi dari pengalaman permainannya, maka kemampuan anak untuk terus berkembang pun akan semakin besar. Oleh karena itu penting bagi mereka untuk selalu aktif dalam bermain dan belajar.

Ada berbagai permainan yang dapat membangun potensi anak, baik untuk mengembangkan kemampuan kerja otak maupun koordinasi gerakan fisiknya, agar mereka dapat selalu aktif bermain dan belajar. Beberapa permainan yang bisa mengasah otak dan kreativitas anak diantaranya :

  1. Menyusun Kata

Permainan ini dimainkan oleh beberapa orang yang duduk melingkar. Salah satunya menyebutkan satu kata dan disambung oleh orang yang ada disampingnya sampai seterusnya. Peserta harus membuat kalimat yang baik dan tersambung serta memilki makna. Tantangan permainan ini adalah tiap peserta harus mengingat kata yang baru ditambahkan oleh teman sebelumnya. Mengajak anak terlibat dalam permainan ini akan memperkaya kosa kata mereka, melatih anak lancar berbicara dan merangsang daya ingatnya.

  1. Menyusun Lego dan Balok Kayu


3. Menggambar dan Mewarnai


Permainan ini bermanfaat merangsang kreativitas anak serta membantu daya ingat terhadap warna. Media yang digunakan pun bisa diganti, misalnya kertas diganti menjadi kain. Diatas kain tersebut anak dapat menerapkan gambar yang diinginkan dan selanjutnya dapat diberikan warna dengan menggunakan kuas dan cat air. Baik menggambar maupun mewarnai dapat dilakukan oleh anak-anak berkebutuhan khusus, untuk membangun koordinasi motorik mereka. Tentu saja perlu ada bimbingan dalam setiap proses pengerjaannya.

  1.  Membuat Kerajinan


  1. Tebak Benda Didalam Kantong


Dengan mencoba berbagai permainan kreativitas tersebut maka anak-anak akan lebih mudah mempelajari hal baru dalam suasana yang menyenangkan. Penyerapan semua informasi dan pengetahuan dari beragam permainan itu akan lebih maksimal sehingga akan membantu meningkatkan kecerdasan mereka.

#edukasianak #kretivitasanak #outboundanak

1 tampilan0 komentar

Kontak

  • Office : (021) 7310249 

  • Call WA : 6281383210355

  • Chat WA : 6281320654829

  • info@citraalam.id

  • https://citraalam.id

  • Ruko Pondok Aren Plaza Kav. 13 & 14, Jl. Raya Pd. Aren No. 51. Pondok Aren, Tangerang Selatan

Social Media

© 2021. CV. Citra Clay Development