5 Manfaat Anak Bermain Lumpur

Sedikit mengenang masa kecil bermain lumpur merupakan salah satu permainan favorit untuk menghabiskan waktu bersama teman. Saat tangan, kaki, dan baju sudah mulai kotor itulah hal yang paling menyenangkan. Menurut saya lumpur merupakan mainan tradisional yang disukai hampir semua anak-anak.

Anak-anak dan lumpur merupakan dua hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan. Setiap anak pasti memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar namun terkadang orangtua cenderung melarang anaknya untuk bermain karena kotor dan basah. Orangtua selalu menginginkan anaknya terlihat bersih dan sehat karena bersih dinilai dapat membawa dampak baik bagi kesehatan anak  tapi bukan berarti kotor menjadi sumber datangnya penyakit.

Membiarkan anak bermain lumpur dan menikmati alam merupakan salah satu cara untuk menguatkan fisik dan mentalnya


permainan merayap ditas lumpur Citra Alam Seaside

Orangtua memang mempunyai sifat sensitif ketika anak bermain di luar rumah, takut anak kena ini dan itu. Padahal  anak juga butuh kebebasan untuk mengekspresikan dirinya sehingga bisa mengenal alam terlebih saat bermain. Membiarkan anak bermain dan menikmati alam merupakan salah satu cara untuk menguatkan fisik dan mentalnya. Ada baiknya orangtua mengubah pemikiran jika  kotor itu menakutkan menjadi berani kotor itu baik.

Orangtua juga perlu tahu bahwa bermain lumpur juga memiliki manfaat penting bagi buah hati kita. Menurut Mary Ruebush (ahli imunologi) ada 5 manfaat anak bermain lumpur adalah sebagai berikut:


permainan merayap diatas lumpur Citra Alam Seaside

1. Saat anak bersentuhan dengan lumpur, sistem imun anak akan merespon dengan membentuk antibodi yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh anak saat terpapar bakteri.

2. Membiarkan anak bermain lumpur sampai menempel di baju dan anggota badan, anda tidak perlu khawatir dan ingin cepat-cepat membersihkannya karena kotoran yang menempel pada kulit mengandung parasit yang bisa membantu penye