5 Keseruan Pengalaman LDKS yang Bermanfaat Bagi Masa Depan

Diperbarui: Jun 25

Hawa dingin seolah terasa menusuk tubuh di pagi hari yang cerah dan berkabut saat itu. Beberapa tenda yang didirikan di pinggir sungai diselimuti kabut yang menutupi hampir seluruh lokasi perkemahan kami. Jam masih menunjukkan pukul 6.00 pagi ketika kakak kelas selaku senior panitia LDKS menyerukan agar seluruh peserta bersiap untuk apel pagi. Sekitar 30 siswa pun bergegas untuk berkumpul di lapangan. Ada banyak hal yang disampaikan dalam apel pagi, diantaranya apa saja yang akan kami lakukan sepanjang hari nanti. Begini cerita pengalaman LDKS saya…..

aktivitas fisik membuat pengalaman LDKS menjadi seru dan berkesan
salah satu aktivitas fisik dalam kegiatan camping LDKS

Selama berlangsungnya kegiatan tersebut, kami memperoleh pembekalan yang berhubungan dengan organisasi dan kepemimpinan. Ada juga baris berbaris, ragam permainan kelompok yang menambah keseruan dalam memperoleh materi. Sepenggal kisah camping LDKS Paskibra yang pernah saya alami saat di jenjang Sekolah Menengah Atas itu, masih lekat dalam ingatan meski sudah sekian tahun berlalu.

Merupakan suatu pengalaman yang tak ternilai bagi saya bisa mengikuti kegiatan yang sudah menjadi program tahunan sekolah menengah itu. Jika diperhatikan, meski sudah beberapa tahun berlalu, materi kegiatan LDKS tidak jauh berbeda. Semua berisi pembelajaran seputar kepemimpinan yang mencakup tanggung jawab, disiplin, soliditas tim, dan pengembangan karakter. Setidaknya ada 5 keseruan pengalaman LDKS yang akan memberi banyak sekali manfaat.

materi yang disampaikan dalam aula outdoor
penyampaian materi LDKS dalam aula outdoor

1. Membentuk dan mengembangkan karakter

Sebagai seorang remaja yang beranjak dewasa sering kali merasa belum bisa menemukan jati diri yang sebenarnya. Nah dengan mengikuti LDK, kita bisa memahami seperti apa kepribadian diri sendiri dan bisa mengetahui bagaimana seharusnya bersikap dalam kehidupan sehari-hari.


2. Menggali potensi

Setiap manusia diciptakan Tuhan sudah pasti punya kelebihan. Itulah yang dinamakan potensi yang nantinya bisa menjadi bekal untuk menjalani kehidupan di masa depan. Dalam kegiatan LDK, tiap peserta akan mendapat banyak kesempatan untuk menggali potensi diri. Misalnya, peserta yang punya hobi menyanyi bisa menunjukkan kemampuannya, bahkan termasuk jika ada yang suka memasak akan berkesempatan untuk mempraktekkannya.