5 Kegiatan Pendidikan Karakter Bagi Remaja di Sekolah

Diperbarui: Jan 28

Perubahan karakter sering kali dialami seseorang yang sedang beranjak dari masa anak-anak ke masa dewasa, akibat pengaruh kondisi di lingkungan mereka. Di masa yang sering disebut masa remaja  itulah seseorang sering mengalami gejolak emosi akibat pengaruh perubahan berat, tinggi badan serta kondisi psikis. Namun disisi lain, usia remaja yang rentangnya antara 10 sampai 21 tahun itu masih masuk dalam usia mempelajari banyak hal sehingga dianggap sebagai masa yang tepat untuk menyerap berbagai pengetahuan dan informasi termasuk nilai-nilai pembentukan karakter.

Oleh sebab itu penting bagi remaja memperoleh pendidikan karakter baik dari keluarga, sekolah maupun masyarakat.  Di sekolah, pendidikan karakter dapat dilakukan melalui kegiatan organisasi termasuk ekstrakurikuler.

Berikut ini 5 organisasi dan kegiatan sekolah yang mengajarkan pendidikan karakter bagi siswa usia remaja :  

Pramuka


perkemahan pramuka di citra alam lakeside ciputat

Kegiatan ini ada di semua tingkatan sekolah mulai dari SD hingga SMA. Secara umum Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti jiwa muda yang suka berkarya. Organisasi  yang juga mendapat perhatian pemerintah ini memberikan pendidikan karakter terhadap para anggotanya seperti kebersamaan, kemandirian, solidaritas, kerjasama, serta mengajarkan beragam keterampilan yang bermanfaat.

OSIS


upacara pelantikan osis SMP di sebuah sekolah