top of page

5 Jenis Tenda Yang Dapat Anda Gunakan Dalam Kegiatan Camping

Diperbarui: 11 Agu 2023

Bagi anda pecinta alam tentunya hobi banget dengan kegiatan satu ini yaitu Camping. Perlengkapan wajib yang harus dibawa saat Camping tentunya tenda bukan? Tenda merupakan tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Beberapa tenda tidak perlu berdiri di atas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon atau di tebing. Mengingat betapa pentingnya sebuah tenda Camping bukan berarti anda asal pilih dalam menggunakan tenda Camping. Anda juga harus memastikan bahwa jenis tenda tersebut pas dan nyaman saat digunakan untuk berteduh, apalagi jika anda berada di alam terbuka. Tentunya lebih  memilih tenda yang praktis, aman, dan bisa dibawa kemana-mana. Berikut ada 5 jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.


Tenda Dome

tenda dome Citra Alam riverside

Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalah tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Menarik bukan?



Tenda Tunnel

tenda tunnel aman dan praktis

Tenda tunnel adalah jenis tenda yang memiliki bentuk mirip dengan terowongan atau tunnel (tongkang). Tenda ini umumnya memiliki bentuk panjang dengan bagian tengah yang lebih tinggi daripada bagian sampingnya. Tenda tunnel biasanya memiliki dua pintu di ujung-ujungnya dan sering digunakan dalam kegiatan berkemah atau camping.

Keuntungan utama dari tenda tunnel adalah ruang dalam yang lebih luas dibandingkan dengan tenda dome atau tenda jenis lainnya. Bentuknya yang panjang dan cenderung lebih rendah di sisi-sisinya membuatnya lebih aerodinamis dan tahan terhadap angin kencang. Namun, perlu diperhatikan bahwa tenda tunnel mungkin memerlukan beberapa pegangan tambahan untuk menjaga kestabilan di bawah angin yang kuat.


Tenda Ridge

tenda camping ridge

Tenda ridge (disebut juga tenda bertiang punggung) adalah jenis tenda yang memiliki dua tiang atau lebih yang membentuk punggung tenda di tengah. Tiang-tiang ini berfungsi sebagai struktur utama yang mendukung tenda dan menciptakan ruang dalam yang luas. Tenda ridge biasanya memiliki bentuk yang lebih simetris, dengan bagian atap yang naik tinggi dari pusat tenda dan kemiringan yang seragam ke kedua sisi.

Keuntungan dari tenda ridge termasuk ruang dalam yang cukup luas, kemampuan untuk menahan angin kencang dengan baik, dan kemungkinan memiliki ventilasi yang baik karena atap yang tinggi. Tenda ridge juga sering digunakan dalam lingkungan beriklim dingin atau beratap salju karena bentuknya yang memungkinkan salju dan air hujan turun dengan mudah dari atap.


Tenda Geodesic dome

tenda geodesik

Tenda geodesik dome adalah jenis tenda yang didesain dengan struktur berasal dari bentuk geometris yang kompleks, yaitu poliedra geodesik. Tenda ini terdiri dari segmen-segmen segitiga yang membentuk pola yang saling terhubung untuk menciptakan struktur yang kokoh dan stabil. Disebabkan oleh bentuk dan struktur yang kuat, tenda geodesik dome umumnya dapat menahan angin kencang dan beban salju dengan baik.

Keuntungan utama dari tenda geodesik dome adalah kestabilan dan ketahanannya terhadap kondisi cuaca yang ekstrem. Bentuknya yang unik dan rancangan strukturalnya memungkinkan tenda ini menyebarkan beban dan tekanan secara merata, sehingga cocok digunakan dalam lingkungan yang berisiko terkena angin kencang atau cuaca buruk. Tenda geodesik dome juga memiliki ruang dalam yang luas dan efisien.


Tenda Peleton

tenda pleton

Tenda Peleton adalah jenis tenda yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kelompok atau tim. Tenda ini biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar daripada tenda-tenda perseorangan dan dirancang untuk menampung beberapa orang dalam satu ruang yang lebih luas.

Salah satu ciri khas tenda Peleton adalah struktur dan konfigurasinya yang memungkinkan para anggota kelompok berkumpul di dalam tenda untuk berdiskusi, bersosialisasi, atau melakukan kegiatan lainnya. Beberapa tenda Peleton bahkan dapat dilengkapi dengan ruang komunal di tengah tenda yang dapat digunakan sebagai tempat makan, pertemuan, atau kegiatan kelompok lainnya.


5 jenis tenda diatas bisa menjadi referensi anda untuk memilih jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.


Jika anda mencari tempat untuk melakukan Camping di daerah pegunungan, Citra Alam Riverside adalah pilihan yang tepat ! Disana anda bisa merasakan kesejukan udara pegunungan yang juga ditemani oleh aliran sungai yang tenang. Tertarik ? Hubungi kami ! Whatsapp !


14.042 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page