top of page

5 Jenis Games Outbound Team Building Untuk Perusahaan

Games outbound team building adalah program pelatihan khusus yang dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu, dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditentukan. Games team building merupakan hal penting dalam kegiatan outbound perusahaan terutama bagi para karyawan. Karyawan merupakan sebuah aset dari perusahaan, produktivitas serta kemampuan yang dimiliki karyawan menjadi keberhasilan dari suatu perusahaan.

Berikut ini ada 5 jenis games Outbound  team building untuk Perusahaan:

1. Tampah Kebersamaan


Permainan ini bisa menjadi inspirasi anda untuk mengisi outbound team building perusahaan dan cara bermain-nya pun seru. Adapun cara bermain-nya adalah bahwa setiap kelompok berjumlah 6-12 orang. Kemudian media yang digunakan adalah sebuah nampan atau tampah plastik yang sudah dilubangi dan diikat tali. Tali tersebut mengelilingi tampah sejumlah 10 tali. Setiap orang harus memegang 1 tali setelah itu di atas tampah diberikan botol piring dan bola warna. Permainan ini memerlukan keseimbangan, fokus dan konsentrasi penuh supaya botol yang di atas tidak jatuh. Bagi kelompok yang berhasil dan tidak menjatuhkan botol tersebut di anggap sebagai pemenang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan, belajar untuk berinteraksi, belajar fokus, dan belajar menyamakan pandangan dan pendapat.

2. Jembatan Manusia


Pada permainan jembatan manusia menggunakan media tali webbing, bola warna, galon, piring, dan bambu. Jumlah peserta mulai dari 6- 20 orang, setiap dua orang akan diberi satu bambu yang berukuran 80 cm dan bambu tersebut akan disusun menyerupai jembatan. Salah satu dari anggota kelompok akan naik di atas jembatan bambu tersebut tanpa terjatuh untuk mengambil bola yang ada di garis finish. Dengan aturan kaki peserta yang naik jembatan tersebut tidak boleh menyentuh tanah sedangkan jembatan tersebut terus menyambung sampai ke garis finish. Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih kekuatan fisik, konsentrasi, bertanggung jawab, dan kerjasama.

3. Time Bom


Time bom merupakan salah satu permainan team building dalam kegiatan outbound. Permainan ini cukup menarik dengan menggunakan media paralon, tali, dan bola. Cara bermain-nya adalah setiap kelompok berjumlah 7-13 orang, masing-masing kelompok akan mendapatkan satu tali yang sudah dikaitkan pada sebuah pipa. Dan di atas pipa terdapat bola sepak yang di bawa menuju finish tanpa terjatuh. Kalau bola itu sampai jatuh maka akan di ulang kembali dari start. Tujuan permainan ini untuk melatih kerjasama, focus dan kesabaran

4. Mencari Bola Mas


Permainan team building satu ini cukup unik, adapun cara bermain-nya  bahwa setiap kelompok akan menunjuk satu orang dari kelompok tersebut. Namun, peserta tersebut di tutup matanya dan anggota lain akan mengarahkan peserta yang di tutup matanya untuk mengambil bola warna emas yang sudah di sebar di kotak yang di beri tali pembatas. Tujuan dari permainan ini adalah jujur, percaya kepada teman, berusaha untuk mendengarkan pendapat dan instruksi teman.

5. Robot A


Permainan Robot A merupakan permainan yang dilakukan oleh setiap tim yang berjumlah sekitar 5-8 orang. Permainan ini bisa dilakukan baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa. Dengan media bambu dan tali yang di ikat dalam 5 titik sudut sampai membentuk huruf A atau Robot A. Di atas ada satu orang yang mempunyai tugas untuk menyeimbangkan permainan tersebut. Adapun cara memainkan permainan ini bahwa bagi tim yang berhasil memindahkan robot A ke garis finish lebih dulu maka dia lah pemenangnya. Permainan ini membutuhkan area yang lebih luas seperti lapangan. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih untuk berani ambil keputusan, percaya dengan kawan dan kerja sama.

Berikut 5 jenis games outbound team building bisa menjadi referensi untuk kegiatan perusahaan anda.

345 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page