top of page

4 Tujuan Penting Outing Perusahaan Bagi Karyawan


Bagi anda yang bekerja di salah satu perusahaan besar pastinya sudah terbiasa dengan kesibukan yang hampir tidak ada habisnya, tuntutan dan target yang harus tercapai sering kali membuat karyawan harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya. Stres, tertekan, bosan, dan beban kerja sudah menjadi hal yang biasa di setiap harinya. Hal ini tentu saja akan menurunkan produktivitas karyawan. Outing perusahaan merupakan pilihan yang tepat untuk keluar dari zona tersebut sebagai refreshing atau rekreasi serta hiburan untuk mengembalikan stamina saat kembali bekerja.


Kegiatan outing perusahaan merupakan acara ngumpul bareng teman baik rekan kerja maupun komunitas yang berada di alam terbuka. Outing bersifat santai namun menyenangkan selain sebagai sarana hiburan dan rekreasi untuk meningkatkan keakraban dan tali silaturahmi. Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai dari setiap individu maupun dalam tim.

Seperti outing yang dilakukan oleh perusahaan tentu memiliki tujuan yang mengacu pada kebutuhan karyawan atau tim kerja. Meskipun outing lebih mengedepankan fun dibandingkan kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik seperti outbound. Namun, tetap saja kegiatan outing yang dilakukan banyak memiliki tujuan tertentu. Berikut 4 tujuan penting outing perusahaan bagi karyawan yang harus diketahui:

1. Rekreasi atau hiburan


Tidak bisa dipungkiri tujuan utama kegiatan outing perusahaan maupun melakukan perjalanan adalah untuk rekreasi atau mencari hiburan. Bagaimana tidak? Karena kegiatan outing selalu memberikan kesenangan dan kebahagiaan. Tertawa lepas, ceria, fun dan rileks sepanjang hari adalah kebutuhan setiap orang apalagi kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan rekan kerja pasti seru dan berkesan. Rekreasi memang menjadi kebutuhan dari setiap individu untuk memberikan penyegaran dari padatnya aktivitas setiap hari.

2. Membangun Team Work


Dalam suatu perusahaan tidak selamanya semua tim bekerja dengan solid, ada kalanya tim kerja mengalami perpecahan karena perbedaan persepsi dari setiap individu. Jika sudah seperti itu, maka outing perusahaan berperan penting untuk menyamakan visi dan misi yang sudah ditentukan. Biasanya dalam membangun team work yang solid melalui berbagai macam games sehingga mengacu pada kepemimpinan, kerja sama, tanggung jawab, kekompakan dan strategi.

3. Edukasi


Selain hanya rekreasi, tujuan dari kegiatan outing perusahaan adalah untuk menambah wawasan melalui kegiatan edukasi. Anda bisa mengikuti berbagai macam pelatihan dengan konsep edukasi seperti pelatihan membatik, pelatihan membuat keramik, pelatihan angkung, atau melukis di atas kaos. Anda bisa mengembangkan kreativitas atau mengenang masa-masa Sekolah saat Guru memberi tugas membatik atau membuat keramik dalam mata pelajaran Seni dan Budaya.

4. Dokumentasi


Outing perusahaan merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu bagi para pekerja karena outing perusahaan biasanya dilakukan paling tidak sekali dalam setahun. Banyaknya tanggung jawab dari masing-masing individu yang harus diselesaikan membuat anda jarang sekali ngumpul bareng teman meskipun sekadar ngobrol. Nah, moment seperti ini perlu adanya dokumentasi sebagai kenang-kenangan, foto atau video bersama rekan kerja  yang menunjukkan keceriaan bisa anda pajang di meja kerja atau dinding. Apalagi wisata alam saat ini banyak memiliki akun media sosial sehingga kegiatan outing perusahaan bisa di share melalui akun pribadi anda.

Setelah anda tahu 4 tujuan penting outing perusahaan bagi karyawan. Bagaimana dengan perusahaan anda? Apa sudah merencanakan kegiatan outing di tahun ini?

47 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios

Obtuvo 0 de 5 estrellas.
Aún no hay calificaciones

Agrega una calificación
bottom of page