Mengenalkan Budi Daya Ikan Di Keramba Apung Pada Anak

Wisata edukasi merupakan salah satu alternatif yang memberikan suasana baru bagi anak-anak dan remaja, efektivitas yang terjadi saat dilakukannya wisata edukasi adalah anak-anak akan merasa lebih fresh, lebih semangat, dapat pengetahuan baru dan pastinya menyenangkan. Dengan ruang lingkup yang baru, setiap kegiatan yang dilakukan akan menjadi sebuah proses pembelajaran baru bagi anak-anak. Selain itu, lingkungan wisata yang berada di sekelilingnya akan menjadikan anak berfikir lebih kritis karena rasa ingin tahu yang tinggi mengenai hal-hal yang ada.


Ada banyak kegiatan dan permainan menarik yang pasti akan disukai anak-anak. Mereka bisa bermain bersama ikan mulai memberi makan, mengenal ikan, dan menangkap ikan. Sebelum praktek di lapangan, petugas penyuluh perikanan menjelaskan tentang perikanan mulai dari ciri-ciri dan jenis ikan, cara merawat, menangkap ikan, hingga budidaya ikan.


Budidaya ikan di keramba apung merupakan salah satu cara budidaya pembesaran ikan yang efisien dan efektif, model sistem budidaya ini telah terbukti lebih efisien, baik efisien secara teknis ataupun ekonomis. Dengan luasan media yang sempit, kita bisa melipat gandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang besar. Pola yang di pakai adalah mengintensifkan pola budidaya ikan tersebut, memang akhirnya akan berdampak pada biaya tinggi namun bisa didapatkan keuntungan yang lebih tinggi pula.