6 Latihan Fisik di Alam Terbuka Yang Kian Digemari

Diperbarui: Jan 28

Untuk melatih kekuatan dan ketahanan fisik sudah pasti diperlukan latihan tertentu. Melakukan aktivitas atau latihan fisik di alam terbuka dinilai lebih efektif dalam memberikan manfaat , karena tubuh manusia membutuhkan interaksi langsung dengan alam. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan di alam terbuka mulai dari olahraga sederhana hingga latihan yang cukup berat. Dalam menjalankannya tentu harus mempertimbangkan kondisi tubuh terlebih dahulu.

Berikut 6 aktivitas melatih kekuatan fisik di alam terbuka :

1. Senam

Senam biasa digunakan orang mulai dari untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran hingga untuk melatih kekuatan dan kecepatan gerakan tubuh. Untuk itu senam terdiri dari berbagai jenis, seperti senam lantai, senam aerobik, senam pramuka dan senam kesegaran jasmani (SKJ). Senam yang banyak dilakukan di alam terbuka yakni senam SKJ, senam pramuka dan senam aerobik. Olahraga ini dianggap sederhana untuk dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatan.


senam pagi kegiatan camping anyer

2. Jogging

Tidak dibutuhkan alat atau tempat khusus untuk melakukan olahraga satu ini, sehingga banyak orang yang menyukainya. Bahkan dengan melakukan olahraga jogging atau lari di alam terbuka, selain untuk kebugaran tubuh juga bermanfaat sebagai penyegaran dari rutinitas sehari-hari. Sebelum ditetapkan sebagai sebuah cabang olahraga, manusia sudah terbiasa berlari sejak dahulu kala. Seperti saat berburu hewan atau bertahan hidup dari musuh atau hewan buas yang mengejar. Lari pun termasuk dalam salah satu cabang olahraga tertua di dunia.

3. Arung jeram

Kegiatan yang mengarungi jeram-jeram sungai yang pastinya dilakukan di alam terbuka ini sudah tidak asing lagi bagi penyuka petualangan. Karena dianggap sebagai olahraga yang menantang, banyak yang menggemari arung jeram atau biasa disebut rafting. Memiliki sejarah cukup panjang termasuk perkembangannya di Indonesia, arung jeram kini menjadi sarana rekreasi dan edukasi.


arung jeram rafting donat sungai ciliwung

4. Highropes

Permainan ketinggian atau highropes dapat melatih kekuatan fisik serta keberanian. Setiap orang yang mengikuti permainan di alam