5 Games untuk Melatih Kerjasama Anak

Memberikan pemahaman mengenai arti kerjasama pada anak-anak perlu dilakukan sejak usia dini. Melalui contoh-contoh sederhana mereka akan lebih mudah memahami bagaimana manusia selalu membutuhkan bantuan atau pertolongan orang lain. Karena sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, setiap manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain di sepanjang kehidupannya. Ketergantungan antar sesama manusia inilah yang melahirkan kerjasama. Dalam berbagai hal apabila dilakukan secara bersama-sama akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk terselesaikan.

ilustrasi kerjasama anak

Ada banyak cara untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kerjasama kepada anak-anak. Selain melalui contoh yang mudah dipahami, juga bisa dengan melibatkan mereka didalamnya baik lewat aktivitas nyata seperti mengajak membereskan mainan, menyiram tanaman, membuat kue, dan sebagainya. Lebih menyenangkan lagi jika mengajarkan kerjasama melalui permainan yang juga melibatkan teman-teman seusia mereka. Ada berbagai permainan untuk melatih kerjasama yang disesuaikan dengan usia anak-anak. Berikut ini 5 jenis permainan yang bisa mengajarkan pentingnya kerjasama :

Joget Balon

joget balon anak latih kerjasama

Permainan ini dilakukan oleh beberapa tim yang masing-masing terdiri atas 2 anak. Kedua anak disetiap tim harus meletakkan balon di dada mereka sambil menari mengikuti irama musik. Kelompok pemenang adalah yang bisa mempertahankan balon tidak jatuh selama musik dimainkan. Permainan ini melatih anak memahami instruksi yang disampaikan, mengajarkan konsentrasi serta kerjasama dengan teman untuk menyeimbangkan gerakan. Joget balon dapat dimainkan oleh anak-anak usia TK hingga kelas 3 SD.

Pipa Lines

permainan bola pipa anak di anyer
<